Senin, 11 Oktober 2010

JENIS- JENIS PRODUK OLAHAN SUSU

Susu merupakan salah satu minuman yang memiliki gizi terlengkap. Ada banyak sekali manfaat positif yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi susu setiap harinya. Untuk mendapatkan susu dengan gizi yang lengkap pun sangat mudah. Ada bermacam-macam olahan susu yang tersedia di pasaran mulai dari susu murni, susu pasteurisasi, susu skim, susu kental manis dan sebagainya yang menjadikan kebiasaan minum susu menjadi lebih mudah. Namun demikian terkadang ada rasa jenuh jika terus-terusan minum produk olahan susu yang itu-itu saja.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengganti konsumsi susu cair dengan beberapa produk olahan susu lainnya yang banyak tersedia di pasaran. Nah simak beberapa produk olahan susu yang banyak beredar di pasaran indonesia.

1. Mentega

Mentega adalah produk olahan susu yang dibuat dengan cara mengaduk krim yang terdapat pada susu. Fungsi utama mentega adalah sebagai pelengkap untuk membuat berbagai macam jenis makanan. Mentega sering kali dipakai untuk mengolesi roti agar terasa lebih gurih, atau dicampurkan ke dalam roti untuk memperkuat rasa, bahkan sering kali dipakai untuk menumis masakan.

Saat ini keberadaan mentega sudah banyak tergantikan oleh margarine, yaitu mentega buatan yang kebanyakan dibuat dari protein nabati yang lebih rendah lemak dan kolesterol sehingga lebih sehat dalam konsumsinya.

2. Keju

Keju merupakan makanan yang didapatkan melalui proses Koagulasi atau pengentalan sehingga zat-zat padat yang terdapat dalam susu terpisah dengan unsur cairannya. Proses pengentalannya sendiri dilakukan dengan menggunakan bakteri atau enzim yang biasa disebut rennet. Rennet merupakan enzim yang dihasilkan oleh lambung binatang menyusui untuk mencerna susu. Hasil dari proses pengentalan ini kemudian diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan beraneka ragam jenis keju yang kita kenal di pasaran.

Keju sendiri sebenarnya telah dikenal sejak lama. Walaupun tidak diketahui secara pasti asal usulnya, dipercaya keju pertama kali ditemukan oleh pengembara dari Arab dan kemudian menyebar ke seluruh dunia.

Kandungan gizi pada susu hampir semua ada pada keju, meliputi protein, mineral, vitamin, kasium dan fosfor. Tidak hanya itu lemak dan kolesterol yang ada di dalam susu pun diwarisi oleh keju. Jadi jangan terlalu banyak mengkonsumsi keju jika tidak ingin terkena penyakit kolesterol.

3. Es Krim

Es krim merupakan makanan beku (berbentuk es), terbuat dari produk susu seperti krim atau sejenisnya dan ditambahkan pemanis dan penambah rasa. Es krim dibuat dengan cara membekukan susu dan bahan-bahan lainnya kemudian diaduk secara terus menerus untuk mencegah terjadinya pembentukan kristal es yang besar. Dengan cara seperti ini akan dihasilkan es krim yang lembut.

Es krim banyak digunakan sebagai desert atau makanan penutup. Rasanya yang manis menyebabkan jenis makanan ini sangat disukai oleh anak-anak. Pada saat ini terdapat banyak sekali jenis es krim yang beredar di pasaran dan beberapa diantaranya bahkan tidak mengandung susu sama sekali. Untuk es krim yang dibuat dari produk susu biasanya teksturnya sangat lembut.

4. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu jenis produk olahan susu yang cukup populer di kalangan masyarakat karena rasanya yang asam dan sering kali di tambahkan perasa buah-buahan untuk memperkaya rasa. Yoghurt sebenarnya terbuat dari susu yang telah disterilkan kemudian difermentasikan dengan menggunakan bakteri tertentu sehingga menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk mendapatkan rasa, bau dan tingkat keasaman yang khas.

Yoghurt memiliki kandungan gizi yang sama dengan susu. Namun yang menjadikan yoghurt sedikit lebih istimewa adalah yoghurt aman dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap susu karena struktur laktosa susu di dalam yoghurt telah dirusak oleh bakteri dalam proses fermentasinya.

Ada banyak sekali jenis-jenis yoghurt yang ada. Banyak juga negara memiliki yoghurt tradisional mereka sendiri. Misalnya di Sumatera Barat dikenal Dadiah yang terbuat dari susu kerbau, Dahi (india), Labaneh (lebanon), Kefir (Kaukasus).

Nah itulah empat jenis olahan susu yang paling populer dan banyak sekali ditemui di pasaran. Sebenarnya ada beberapa jenis olahan susu lainnya yang dapat ditemui di pasaran, misalnya : dodol susu, kerupuk susu, permen susu, karamel susu dan lain sebagainya. Anda dapat menggunakan semua produk tersebut ketika anda merasa bosan mengkonsumsi susu yang itu-itu saja.

http://inforingan.com/2010/04/jenis-jenis-produk-olahan-susu/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar